Studi Banding Budidaya Jamur di Tulungagung

Setelah berjalannya budidaya jamur tiram di kelurahan Karah atas bimbingan dari PT. Campina Ice Cream Industry, Maka masyarakat Karah berinisiatif untuk study banding dan melakukan pelatihan di tempat budidaya jamur yang sudah berkembang dan sudah memasarkan produknya baik dalam bentuk baglog, jamur segar maupun produk olahannya.

Kegiatan Pelatihan dan study banding ini bertujuan untuk memotivasi warga kelurahan Karah agar lebih semangat dalam berbudidaya jamur tiram melihat prospek kedepan sangat menjanjikan. Pelatihan ini ini juga dapat dimanfaatkan oleh warga karah untuk belajar bagaimana cara membuat baglog sendiri dan bagaimana menjaga hasil produksi jamur tetap bagus. Selain itu warga Karah juga dapat mempelajari bagaimana cara membuat produk olahan yang sudah di jual di tempat pelatihan tersebut.

Kegiatan pelatihan dan study banding ini dilakukan pada hari Selasa, 12 Maret 2013 dan diikuti sekitar 40 orang. Peserta berkumpul di kantor kelurahan Karah kemudian melakukan perjalanan ke Tulungagung pukul 07.00 WIB beserta staff PT. Campina Ice Cream Industry menggunakan bis.Tiba di lokasi pelatihan di Desa Bangoan Tulungagung pukul 10.30 WIB. Sesampai di lokasi pelatihan para peserta disambut oleh ibu Kastin selaku istri dari Bp Fauzi pemilik budidaya jamur tersebut. Kegiatan ini juga diikuti oleh Bapak Hendro Hadipranoto selaku direktur operasional PT. Campina Ice Cream Industri. Para peserta pun di ajak melihat-lihat kumbung jamur dan melihat proses pembuatan baglog secara langsung di lokasi pelatihan tersebut. Para peserta bebas bertanya mengenai proses pembuatan, cara pemeliharaan dan solusi mengatasi kendala-kendala yang biasanya terjadi di tempat pembudidayaan jamur tiram.

Setelah melakukan Tanya jawab peserta diperbolehkan untuk beristirahat dan melakukan ibadah. Pukul 12.30 WIB para peserta dapat menikmati hidangan makan siang yang sudah disediakan dengan menu vegetarian dan beberapa masakan dari olahan jamur tiram, seperti : sate jamur, oseng-oseng jamur tiram, nugget jamur, dll. Setelah makan siang para peserta diajarkan bagaimana membuat olahan dari jamur diantaranya nugget jamur, kripik jamur dan abon jamur. Setelah itu peserta bisa membeli aneka produk yang dijual di tempat pelatihan tersebut diantaranya : jamur tiram segar, jamur kuping segar, jamur kuping kering, kripik jamur tiram, kripik jamur kuping, bibit jamur dll. Pukul 14.30 WIB para peserta meninggalkan lokasi pelatihan dan study banding budidaya jamur untuk kembali ke Karah.

Berikut dokumentasinya :

 IMG_1789
IMG_3109

Peserta tiba di lokasi pelatihan

DSC02795

Peserta disambut oleh ibu Kastin (istri dari Bp. Rizal)

DSC02798

Peserta melakukan tanya jawab dengan Bp. Rizal (pemilik budidaya jamur)

DSC02800

DSC02790

Suasana di dalam rumah jamur tiram

IMG_1773

Suasana di dalam rumah jamur kuping

20130312_121653(1)

Para peserta makan siang dengan menu vegetarian

DSC02807

Dua pekerja UD. Fatin sedang membakar sate jamur untuk makan siang

DSC02857
Peserta mendapatkan pelatihan membuat olahan dari jamur tiram
DSC02856
Ibu Kastin memperagakan cara pembuatan nugget jamur
DSC02852

“Nugget jamur” hasil olahan dari jamur tiram

DSC02876
       
” Abon jamur, salah satu hasil olahan dari jamur tiram

IMG_3133

IMG_3110
Proses pengeringan jamur kuping

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s