Pelatihan Budidaya Jamur Tiram di SMP Tri Murti Wagir, Malang

CSR (Corporate Social Responsibility) PT. Campina Ice Cream Industry yang ke 2 adalah budidaya jamur tiram di SMP Tri Murti Wagir, Malang. Ini adalah salah satu bentuk penerapan komitmen PT. Campina Ice Cream Industry untuk melakukan CSR yang berkesinambungan.

Kegiatan CSR ini diselenggarakan di SMP Tri Murti 02 Wagir yang beralamat di Jl. Raya Gondowangi, Gang Tri Murti, No. 9 RT 10 RW 02 Desa Gondowangi, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang Jawa Timur. Kegiatan CSR ini bertujuan untuk memberikan keterampilan siswa dalam hal produksi dan pengolahan jamur, menumbuhkembangkan sikap dan jiwa kewirausahaan sejak dini pada siswa, menumbuh kembangkan sikap jujur bertanggung jawab dan etos kerja sejak dini pada siswa, mendapatkan tambahan pemasukan secara ekonomi bagi siswa mengingat sebagian besar siswa SMP Tri Murti 02 Wagir berasal dari keluarga kurang mampu (keluarga pra sejahtera).

Pada tanggal 4 September 2013 kemarin, Tim Peduli Lingkungan PT. Campina Ice Cream Industry memberikan pelatihan budidaya jamur tiram kepada siswa SMP Tri Murti 02 Wagir beserta guru, wali murid dan warga sekitar yang terlibat dalam pelaksanaan pembudidayaan jamur tiram ini. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang bagaimana membudidayakan jamur tiram secara benar sehingga hasil produksi jamur tiram bisa berlimpah.

Kegiatan pelatihan budidaya jamur ini dilakukan di SMP Tri Murti 02 Wagir kab. Malang pukul 12.00 WIB. Kegiatan dimulai dengan pembagian makan siang yang dibawa Tim Peduli Lingkungan PT. Campina Ice Cream Industry kepada seluruh peserta. Menu makan siang yang diberikan adalah menu vegan, dimana bahan yang digunakan adalah jamur tiram. Hal ini bertujuan untuk menginspirasi para siswa dalam pengolahan hasil budidaya jamur tiram mereka nantinya.

Pelatihan pembudidayaan jamur tiram dilakukan setelah makan sekitar pukul 13.00 WIB yang diikuti oleh 40 orang yang terdiri dari siswa, guru, komite, wali murid, warga sekitar dan Tim Peduli Lingkungan PT. Campina Ice Cream Industry. Materi pelatihan pembudidayaan jamur ini disampaikan oleh Bapak Sumanto. Beliau adalah pemilik budidaya jamur tiram Restu Bunda di daerah Pakis dan Tumpang-Kabupaten Malang. Dalam pelatihan tersebut peserta diberikan pengetahuan mengenai pembuatan baglog (media tanam jamur), pembibitan, pemeliharaan hingga cara memanen jamur dengan benar.

Setelah melakukan pelatihan pembudidayaan jamur tiram yang dilakukan selama 2 jam, peserta diajak untuk melakukan study banding pembudidayaan jamur tiram di lokasi budidaya jamur tiram milik bapak Sumanto di desa Wonokusumo Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang. Peserta sangat antusias melakukan studi banding ini karena mereka bisa melihat secara langsung proses pembudidayaan jamur tiram dengan benar.

Para peserta berangkat dari Wagir menuju Wonokusumo pukul 15.00 WIB dengan mengendarai 2 mobil Isuzu Elf yang sudah disiapkan oleh PT. Campina Ice Cream Industry. Di tempat budidaya tersebut, peserta diajak untuk melihat pembuatan baglog (media tanam jamur), melihat tempat untuk mensterilkan baglog, melihat tempat untuk mendinginkan baglog, melihat proses pembibitan, melihat kumbung jamur dan diajak untuk memanen jamur secara langsung.

Setelah panen jamur peserta pelatihan juga diajarkan cara membersihkan dan mengemas jamur tiram hingga siap dijual. Peserta sangat antusias melihat hasil panen jamur mereka karena hasil yang mereka panen akan mereka bawa pulang sebagai oleh-oleh studi banding di desa Wonokusumo Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang.

Berikut dokumentasi kegiatan tersebut :

IMG_5299

Tim Peduli Lingkungan PT. Campina memberikan menu makan siang kepada para siswa

IMG_5311

Para siswa sedang menikmati menu makan siang

IMG_5314

Para siswa mengambil es krim yang dibawa oleh Tim Peduli Lingkungan PT. Campina Ice Cream Industry

IMG_5320

Ruang kelas untuk pelatihan pembudidayaan jamur Tiram

IMG_5331

Bpk Sujono selaku kepala sekolah SMP Tri Murti 02 Wagir sedang memberikan sambutan

IMG_5332

Bpk. Hendro Hadipranoto selaku direktur operasional PT. Campina Ice Cream Industry sedang menyampaikan sambutan

IMG_5339

Penyerahan 2 unit Pure It dari PT. Campina Ice Cream Industry kepada SMP Tri Murti 02 Wagir

IMG_5340

Penyerahan 1 gross gelas kaca secara simbolis dari PT. Campina Ice Cream Industry kepada SMP Tri Murti 02 Wagir

IMG_5343

Bpk. Sumanto sedang menyampaikan materi pembudidayaan jamur tiram

IMG_5346

Para peserta menyimak penjelasan dari Bpk. Sumanto

IMG_5354

Bpk. Sumanto menjelaskan cara membuat baglog (media tanam jamur) di tempat budidaya miliknya di Wonokusumo kec. Tumpang

IMG_5360

Para peserta memperhatikan cara membuat baglog (media tanam jamur)

IMG_5367

Para peserta memperhatikan proses pembibitan jamur tiram

IMG_5369

Bpk. Sumanto menjelaskan tentang proses inkubasi baglog

IMG_5377

Peserta sangat antusias melakukan panen jamur di tempat budidaya jamur milik bpk. Sumanto

IMG_5386

Peserta ikut serta membersihkan dan mengemas jamur tiram yang sudah dipanen menjadi siap untuk dipasarkan

IMG_5387

Para peserta foto bersama sebelum meninggalkan lokasi study banding di Ds. Wonokusumo Kec. Tumpang Kab. Malang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s