Cerita Kebun Sayur di Pabrik Es Krim Campina

Berkebun di lingkungan pabrik? Kenapa tidak?😉

Kalau main ke pabrik es krim kita, di Jl Rungkut Industri II No. 17 Surabaya, sahabat Campina pasti akan melihat adanya kebun sayur disana. Bukan hanya di satu tempat, tapi kebun sayur kita ada di tiga tempat sekaligus. Lokasi pertama ada di atas atap pos satpam, yang letaknya ada di bagian paling depan pabrik es krim kita.

CAM02637

Bagian depan Campina Factory Shop

Roof top vegetables garden

Roof top vegetables garden

Lokasi kedua berada tepat diatas atap pabrik. Akses ke ‘roof top vegetable garden’ atau kebun sayur diatas atap yang paling besar  ini bisa diambil lewat bagian samping kiri gedung pabrik, melewati instalasi pengolahan santan untuk es krim Hula Hula dan ruang pendingin, kemudian naik lewat tangga di samping gedung parkir motor dan mobil untuk karyawan. Gedung parkir untuk motor karyawan shift 1 dan 3 ini ada 3 lantai – lantai dasar untuk parkir mobil, lantai 1 dan 2 untuk parkir motor karyawan shift 1 dan 3. Karyawan shift 2 memarkir motornya dengan rapi dan teratur di lantai bawah dekat gedung parkir tersebut. Shift kerja di pabrik es krim Campina ada 3 shift, karena pabrik es krim kebanggan kita ini beroperasi selama 24 jam, 7 hari dalam seminggu untuk memenuhi permintaan pelanggan Campina di seluruh Indonesia.

CAM02653

Sayuran sudah siap panen

 

Setelah sampai di atas, kita akan melihat berjajar 3 kotak media tanam untuk kebun sayur ini, dilengkapi dengan pipa-pipa penyiram dan peneduh, agar tanaman terhindar dari sorot sinar matahari yang terik. Saat tulisan ii dibuat, kebun sayur kita sudah siap untuk dipanen. Sayur mayur yang ditanam dan siap panen saat itu : sayur sawi, pokchoy, bayam, terong, dan masih banyak lagi. Mungkin ada yang bertanya-tanya, setelah dipanen sayur mayur tadi akan diapakan ya? Akan dijual kemana?🙂

CAM02658

Begitu hijau, begitu segar..

Sayur mayur tadi akan dipanen, dan akan diolah di dapur pabrik, dan akan disajikan sebagai menu makanan karyawan. Ya, disajikan menjadi masakan vegan di kantin karyawan kita, dimana seluruh karyawan termasuk direksi dan para manajer bisa makan bersama di meja yang sama setiap harinya. Dan meskipun masakan vegan tersebut diolah tanpa bahan-bahan dari hewan dan tanpa MSG, rasanya dijamin tetap lezat dan variasinya banyak sekali. Dan kehadiran kebun sayur di atas atap ini bisa membantu mengurangi suhu panas didalam ruangan gedung kantor pabrik kita, sehingga daya listrik yang digunakan untuk mendinginkan ruangan bisa ditekan. Pengurangan penggunaan daya listrik bisa ditekan juga dengan minimnya lampu yang menyala saat siang hari, dengan banyaknya jendela kaca di seluruh bagian pabrik es krim kita.

CAM02668

Kebun sayur vertikal

Siap panen juga..

Siap panen juga..

Lokasi ketiga dari kebun sayur di pabrik kita ada di bagian belakang pabrik. Bukan berbentuk mendatar sebagaimana hanya kebun sayur di atas atap pos satpam maupun diatas gedung pabrik, kebun sayur di dinding paling belakang pabrik es krim kita ini dirancang tegak. Karena itu, dinamakan vertical vegetable garden, alias kebun sayur vertikal. Cara membuatnya cukup mudah sebenarnya, dan bisa diimplementasikan di rumah kita masing-masing. Material yag dibutuhkan antara lain : rain gutter (talang air) dari bahan PVC, rangka besi untuk menata dan menggantung talang air tadi, dan pipa-pipa untuk pengairan. Proses penyiraman di pabrik kita dilakukan secara otomatis dengan menggunakan alat penyemprot, yang dihubungkan ke pipa pipa PVC tadi. Tak jarang, saat proses penyiraman berjalan, muncul burung-burung yang ikutan mandi, menyegarkan diri😀

Sebelum dipasang vertical vegetable garden tersebut, di belakang pabrik hanyalah tembok polos saja. Namun setelah menjadi ‘media tanaman’, tembok tadi berubah menjadi hijau dan produktif. Dan adanya kebun sayur vertikal dan juga kebun sayur diatas atap pos satpam dan atap gedung pabrik menjadi bukti nyata manajemen PT. Campina Ice Cream Industri untuk hidup selaras dan harmonis dengan lingkungan hidup.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s