Kantin Vegan di Campina Ice Cream Factory

Beberapa dari kita mengenal vegetarian hanya sebatas makan sayur sayuran saja.

Sebenarnya, apa itu vegetarian? Vegetarian adalah sebutan bagi orang yang hanya makan tumbuh-tumbuhan dan, tidak mengonsumsi makanan yang berasal dari makhluk hidup seperti daging dan unggas, namun masih mungkin mengonsumsi makanan laut seperti ikan, atau produk olahan hewan seperti telur, keju, atau susu.

Vegetarian dikelompokkan menjadi beberapa jenis antara lain adalah semi-vegetarian, lacto-ovo-vegetarian, lacto-vegetarian, ovovegetarian, pesco-vegetarian dan vegan. Vegan merupakan kelompok nabatiwan yang paling ketat. Saking ketatnya, para vegan menentang penggunaan produk non-makanan yang berasal dari hewan. Seperti pakaian dan sepatu, dan produk yang diujicobakan pada hewan seperti beberapa jenis kosmetik dan obat-obatan. Walaupun masih terdengar asing, sebagian orang telah menetapkan diri memilih pola hidup vegetarian.

 

Begitu juga dengan yag dilakukan di factory Campina Ice Cream,  yang telah memutuskan untuk selalu menghadirkan menu vegetarian di kantinnya sejak 3 tahun yang lalu.

Beberapa menu masakan vegan di kantin factory Campina

Beberapa menu masakan vegan di kantin factory Campina

Kanton factory = zona bebas daging

Kantin factory = zona bebas daging

Dimulai pada 2011, pihak manajemen memutuskan untuk menghapus penggunaan bahan pangan hewani pada menu makanan di kantin factory Campina. Sejak itulah Campina Ice Cream di factory-nya memulai menerapkan pola hidup vegetarian di lingkungan kerja. Bukan hal mudah untuk memantapkan kebijakan ini, banyak pertentangan yang terjadi karena perbedaan cara pandang dan pengetahuan yang berbeda tentang vegetarian di kalangan karyawan.

Suasana di dalam kantin pun sangat mendukung program dari manajemen ini. Di dinding-dinding kantin, terpampang foto-foto selebritis dalam dan luar negeri yang telah memilih gaya hidup vegan. Diantaranya adalah atlet-atlet kelas dunia, yang hanya mendapatkan asupan protein dari sumber non-hewani. Martina Navratilova (petenis legendaris), Robert Parish (pebasket legendaris NBA asal klub Boston Celtics, Mike Tyson (petinju legendaris yang mendapat julukan si leher beton), dan masih banyak lagi.

Kantin factory Campina saat jam makan siang

Kantin factory Campina saat jam makan siang

IMG_3033

Memilah-membuang sisa makanan

Untuk mendukung program ini, serangkaian usaha juga dilakukan. Mulai dari pengadaan seminar tentang vegetarian, pengenalan makanan vegetarian yang lezat dan juga pemantauan grafik kesehatan karyawan antara sebelum penerapan vegetarian dan sesudahnya. Hal ini dilakukan agar semua pihak dapat mengetahui manfaat dari bervegetarian dan menjauhkan pandangan tentang makanan vegetarian yang membosankan.

Beberapa penelitian menyebutkan manfaat dari pola hidup bervegetarian antara lain dapat menurunkan resiko kanker, meningkatkan sistem imunitas tubuh, membuat lebih awet muda, membantu proses metabolisme tubuh agar lebih baik, dapat mengurangi kelebihan berat badan dan membantu penyembuhan penyakit kronis dan berbahaya seperti kanker dan jantung.

Tidak hanya itu saja, memiliki gaya hidup vegetarian juga dapat mengurangi pemanasan global yang ada di muka bumi ini. Industri peternakan menjadi salah satu penyebab pemanasan global di bumi dan juga menyumbang polusi yang cukup banyak, khususnya polusi udara. Selain pemanasan global dan polusi yang dihasilkan,dalam industri, polusi juga dihasilkan dari proses pembuatan makanan bagi hewan.

Ini adalah salah satu makanan vegetarian yang wajib dicoba  :

Sate Vegan

Sate Vegan

Sate Vegan

Bahan :

  • 1 bungkus kembang tahu
  • air kelapa dr 5 buah kelapa
  • garam secukupnya
  • gula secukupnya
  • 1/4 kg kacang merah
  • 2 sendok makan cabe giling
  • 7-6 buah jeruk sambel
  • gula merah
  • maizena
  • mentega
  • kecap

Cara membuat sate :

1) Kembang tahu digoreng dalam minyak panas, jangan sampai patah. Angkat dan tiriskan.

2) Rebus air kelapa dan kembang tahu

3) Beri bumbu gula dan garam, diamkan sampai airnya habis.

4) Potong kembang tahu memanjang 1×20 cm.

5) Tusuk seperti sate.

6) Panggang sebentar dengan diolesi mentega dan kecap.

Cara membuat bumbu kacang :

1) Kacang digoreng dengan minyak sedikit saja

2) Angkat setelah coklat, kemudian dihaluskan.

3) Kacang dimasak dengan air 400 cc.

4) Beri gula merah, 4 buah jeruk sambel, garam dan penyedap

6) Didihkan

7) Masukkan 1 sendok makan maizena cair.

Sajikan sate vegan dengan bumbu kacang.

 

2 thoughts on “Kantin Vegan di Campina Ice Cream Factory

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s